Jumat, 02 Februari 2007

Psikolog kok Psikologi?!


Kemaren-kemaren ada temen lama yang minta pendapatku tentang sesuatu hal. Mungkin apa yang aku utarakan menyinggung perasaannya, karena tiba-tiba aja sms dari dia lumayan ’pedes’. Walopun menurutku, pendapatku itu dah realistis banget. Yeah, meskipun ga 100% ngedukung rencana yang akan dia lakuin. (Mungkin karena itu dia jadi marah.) Tapi, sebenere ada yang lebih ngebuat aku diem melongo waktu ngebaca sms dia di LCD HPku selaen kepedesan kata-katanya. Hal itu adalah kata-kata:


...kamu kan Psikologi...”




Ha?! Hwahahahaha.....hahaha.....hahaha....


Dan ngakaklah diriku di malam buta hari itu. Aku kan bukan ilmu. Aku tuh manusia yang lagi belajar di Prodi Psikologi dan kalo dah menempuh pendidikan profesi, maka sewajarnya aku disebut Psikolog, bukan Psikologi.


Bukane mau menggurui...tapi, kebangetan aja. Masa’ ga bisa bedain apa Psikologi dan Psikolog? Well, kalo dia tuh bukan orang yang dah mengenyam bangku pendidikanselama lebih dari 12 taon and menyandang predikat ”Lumayan pinter” ato hidup di jaman Psikolog belum setenar sekarang, aku bisa maklum. Sungguh, aku akan bisa maklum...


Kalo sms itu diucapin langsung ma dia, pastinya nada dari kata-kata itu akan nyakitin aku. Andaikata dia ga salah sebut Psikolog dengan Psikologi, aku pasti tersinggung banget, coz rasane dia dah underestimate my ability aja. Apalagi kata-kata laen di sms itu emang bisa banget bikin darah mendidih. Tapi, sudahlah...


Orang yang ga bisa bedain antara Psikolog ma Psikologi dah pasti ga ngerti seperti apa cara kerja Psikolog. Dan the big point is dia sama sekali ga pantes meng-underestimate-kan aku or calon Psikolog laen. Setuju kan?!


Dan sampe sekarang, aku masih ber-hwahaha ria kalo inget sms itu.

3 komentar:

  1. yaaaa berprasangka baik aja dech.. moga dia emang salah ketik..... jangan kotori hati dengan prasangka buruk. kalo emang niat dia mengunderestimate kamu, ya biarin lah pasti ada yang membalas.....

    untung ngga ada yang keliru antara arsitektur dengan arsitek.... hwawhahahaha juga

    BalasHapus
  2. hah, sapa bilang ga da yg salah antara arsitektur sma arsitek?
    srg deh kyknya tiap ad org tnya kuliah dimna? pas qta blg teknik org tu tnya lagi...sipil ato arsitek? lah...enakan bilang arsitek drpda arsitektur kalee...=P
    ad jga maru yg blg pgn jdi arsitektur pas masuk opsekan loh!
    he2, kok malah padu?
    well, org yg ga bisa bedain psikolog ma psikologi itu...suck! huahaha...makanya jgn byk ngitung...sma guk2 imut aj kabur...eh, lho kok emosi?!!!!

    BalasHapus
  3. ada kemungkinan lain, mungkin dia menyebutkan psikologi adalah dengan sengaja, maksudnya kamu kuliah di psikologi. memang dalam pergaulan sehari-hari banyak pemakaian bahasa Indonesia yang salah, namun tidak dipermasalahkan karena maksudnya sudah dapat diketahui bersama. Contoh: saat teman saya yang kuliah di jurusan seni rupa tidak tahu tentang nirmana dwimatra dan trimatra, saya bisa menyanggah,"lo kamu kan seni rupa?". analogi dengan hal ini bisa muncul kata-kata lain seperti :kamu kan kedokteran?,kamu kan teknik sipil?kamu kan sastra inggris? dsb. dari semua ini secara EYD memang salah, tapi orang juga sudah mengerti maksudnya. memang dalam penggunaan bahasa Indonesia harus lihat-lihat konteksnya. bukan begitu?

    oiya, masalah Underestimate, saya tidak tahu-menahu tentang hal itu, namun dalam menuliskannya akan lebih baik jika anda juga berhati-hati. karena bisa saja tulisan anda juga bernada meng'Underestiamte'kan orang lain.mohon dibaca lagi.

    Terima kasih

    BalasHapus